Pages

GLASSWOOL INSULATION

PROSES PRODUKSI SERAT GELAS

Glasswool dibuat dari bahan dasar kaca: silica, pasir kuarsa yang dilelehkan, dengan tekanan gaya sentrifugal lelehan ini ditarik menjadi serat-serat halus, serat gelas halus kemudian melewati proses pendinginan supaya menjadi padat, supaya serat halus bisa menyatu dicampurkan bahan perekat, dipress menjadi lapisan sesuai dengan kepadatan yang diperlukan, lembaran yang sudah dipress itu kemudian disusun ataupun dipotong sesuai kebutuhan.


CARA KERJA PEREDAMAN

Serat serat halus yang dipress menjadi satu lembaran ini akan membentuk banyak sekali rongga-rongga kecil. Rongga-rongga kecil (Sel) menjadi kantong udara yang terpisah satu sama lain, kantong udara yang  terpisah bersifat memperlambat transfer panas dan suara. Semakin banyak sel-sel kecil yang terdapat dalam lembaran glass wool maka transfer panas dan suara dari 1 sisi permukaan ke sisi permukaan lainnya akan semakin berkurang / melemah.

ILUSTRASI KERJA SEL UDARA


CARA PENANGANAN

Ukuran serat produk Glasswool berkisar antara 5 – 10 micron (1 micron = 1/1000 milimeter). 
(Sebagai ilustrasi : partikel serat glasswool yang lebih kecil dari 3 micron berpotensi terhirup masuk ke dalam sistem pernafasan sehingga untuk jangka panjang akan merugikan kesehatan)
Debu halus yang terlepas glasswool bisa menyebabkan gatal hingga iritasi pada kulit, mata dan pernafasan pada aplikator / pekerja yang tidak mempergunakan alat bantu yang memadai pada saat pemasangan.
Pergunakanlah masker pelindung pernafasan, kacamata pelindung mata, sarung tangan dan pakaian untuk menutupi sebanyak mungkin permukaan kulit supaya tidak terkena debu Glasswool.
Tips pemasangan untuk meminimalisasi efek debu Glasswool terhadap kesehatan :
  • Tutupi permukaan Glasswool dengan lapisan Woven Foil Laminasi untuk mengurangi partikel debu yang bisa terlepas dan terhirup.
  • Hindari Glasswool dipasang di bagian yang mendapatkan getaran secara kontinu. Getaran akan membuat partikel debu terlepas dan terhirup.



Glasswool :
Ketebalan 25 mm (2,5 cm)
1. GlassWool Density 16kg/m3, Ukuran Roll = 1,2 m x 30 m
2. GlassWool Density 24kg/m3, Ukuran Roll = 1,2 m x 30 m
3. GlassWool Density 32kg/m3, Ukuran Roll = 1,2 m x 30 m
Ketebalan 50 mm (5 cm)
1. GlassWool Density 16kg/m3, Ukuran Roll = 1,2 m x 15 m
2. GlassWool Density 24kg/m3, Ukuran Roll = 1,2 m x 15 m
3. GlassWool Density 32kg/m3, Ukuran Roll = 1,2 m x 15 m
Glasswool di gunakan untuk insulasi panas dan suara untuk meredam radiasi panas juga suara. Penggunaan Glasswool telah luas, familiar dan hampir semua industri menggunakannya.

Kelebihan:
Dimensi stabil dalam berbagai kondisi suhu dan kelembaban, tidak berbau, non hygroscopic, tidak rentan terhadap jamur dan kutu, life time lebih lama dibanding produk sejenis